Besamsam adalah film karya Deny Suhendra, yang merupakan sutradara sekaligus penulis cerita. Film ini mengangkat kisah tentang salah satu tradisi suku Dayak yang diwariskan oleh leluhur, yang hampir dilupakan generasi muda oleh karena perkembangan zaman. Selain dalam rangka mengikuti perlombaan film pendek, film ini juga digarap dengan tujuan untuk mengajak generasi muda untuk melestarikan kebudayaan yang kita miliki.


Pemain yang berperan dalam film ini adalah Sinta sebagai gadis Tionghua, Anisa Nurfela sebagai gadis Melayu, dan Kristi Putriyana sebagai gadis Dayak. Film Besamsam berlatar tempat di kelurahan Sanggau Kulor, kecamatan Singkawang Timur. Warga-warga yang bertempat tinggal di Sanggau Kulor juga turut mendukung dan membantu dalam pembuatan film Besamsam ini. Film ini diproduksi dalam waktu yang sangat singkat. Kurang lebih 2 hari. Dibantu oleh crew yang luar biasa. Darmadi membantu di recording. Editing oleh Caesar Nanda Putra. Dan yang membantu mengisi backsound dengan alunan sape’ yang merdu adalah Yuki.

 

Dalam proses produksi yang singkat dan penuh kesederhanaan, tak disangka kami memperoleh peringkat III Kategori Umum dalam Lomba Film Pendek se-Kalimantan Barat 2019, yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang. Karena film ini banyak mendapat tanggapan positif, kami memutuskan untuk melanjutkan produksi ke film Besamsam 2.

Ribuan terimakasih kami haturkan kepada seluruh pihak yang sudah membantu menyukseskan produksi film Besamsam. Khususnya untuk Bapak Drs. Stepanus selaku Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang yang telah mengizinkan pembuatan film, dan juga warga kelurahan Sanggau Kulor yang telah mendukung pembuatan film Besamsam ini. (Gee)