Budaya Menunjukan Jati Diri Bangsa.


Singkawang - Merujuk pada realita fenomena perkembangan teknologi dan pesatnya perkembangan zaman, generasi muda Indonesia mengalami beberapa perubahan kecenderungan dalam bergaul dan bersosialisasi.
Film Garapan sutradara Andi Adrian dalam rumah Produksi ISO-100 ini, berusaha mengangkat sebuah cerita tentang pentingnya melestarikan Kebudayaan nasional khususnya kebudayaan lokal oleh generasi muda, sebagai tameng generasi penerus bangsa dari banyaknya budaya luar yang cenderung berdampak negatif.

SINOPSIS - Dinda adalah seorang Penulis yang memiliki hobi fotografi, ia memiliki rasa cinta terhadap kebudayaan nasional terlebih kebudayaan yang diwarisi oleh para leluhurnya. Lewat hobinya ia menulis sebuah buku yang akan mengenalkan dan mengangkat kebudayaan yang berkembang di tanah Kalimantan, kuhusnya Kalimantan Barat. Buku tersebut merupakan gambaran rasa cintanya kepada Budaya sekaligus, sebagai ungkapan penyesalah dan rasa bersalah kepada ayahnya, atas kejadian beberapa tahun yang lalu, dimana ia harus kehilangan ayah tercintanya. Rasa bersalah itu membuatnya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan menjadikannya mengerti apa yang selama ini diperjuangkan oleh ayahnya itu.

 

 

DIBALIK LAYAR – Awal November 2019 dimulainya produksi film pendek “Kindung Harmoni Sang Pewaris” oleh rumah produksi yang dibuat dadakan dalam rangka untuk mengikuti Lomba Film Pendek oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kota Singkawang Sekalimantan Barat.

Produksi Film ini terbilang cukup singkat, karena proses syuting yang dilakukan oleh teman cineas Singkawang yang tergabung dalam Rumah Produksi ISO-100 dilakukan dalam 2 hari disetiap hari minggu saja, berhubung para pemain yang rata-rata sebagai karyawan swasta, sehingga hanya memiliki waktu dihari minggu saja.

Proses produksi yang terbilang sederhana, karena hanya memanfaatkan alat seadanya, dengan kamera dan alat rekam suara yang dimiliki oleh para crew saja, sedangkan untuk properti, make up dan wardrop yang digunakan, merupakan milik dari masing – masing pemain dan crew yang terlibat. Untuk dana produksi film ini, menggunakan dana Bersama yang dikumpulkan secara kolektif dari masing-masing crew dan pemain.

Penghargaan – Film pendek yang disutradarai oleh Andi Adrian yang sekaligus sebagai penulis cerita, dengan seluruh pemain yang notabene merupakan orang baru dalam dunia perfilman seperti Marselina Bernix yang berperan sebagai Dinda, Vera Maikle sebagai Dinda muda, Rida Anjani Sebagai Dinda kecil dan Loynardy Indung sebagai Ayah Dinda, serta di produksi dengan crew yang sebagian besar juga merupakan cineas pemula kota Singkawang diantaranya Agus Jhonatan sebagai kameraman dan editor, Peter Amnesi sebagai Art dan manager location, dan Fahmi Borneo Putra sebagai Soundman.

Dengan segala kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam produksi film yang berjudul “Kidung Harmoni Sang Pewaris”, ternyata membuahkan hasil yang tidak disangka oleh seluruh pemain dan crew, Film ini menjadi film terbaik kategori umum dalam Lomba Film Pendek Sekalbar tahun 2019 yang di adakan Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, dengan tema “Warisan Budaya Kota Singkawang”, yang diumumkan pada tanggal 31 Desember 2019 di areal Atrium lantai dasar Singkawang Grand Mall.

Link Situs : Film Pendek “ KIDUNG HARMONI SANG PEWARIS ”